April 14, 2011

Pump It Up - The Arcade Game

Cuma mau sharing about salah satu game arcade yang biasanya ada di gamezone yang banyak ditemukan di kota-kota di Indonesia. Salah satu game arcade yang saat ini menjadi hobi baruku.

Ya, sesuai judulnya, Pump It Up, atau biasa disingkat menjadi PIU, adalah salah satu game dance arcade yang cukup populer dikalangan para dancer dan pecinta game arcade. PIU yang merupakan produksinya Andamiro (AM) dari Korea memang menyuguhkan sesuatu yang baru dalam bermain dance arcade game. Mesin arcade-nya pun tersebar di seluruh dunia. Dan di tahun 2011 ini Andamiro baru saja merilis mesin PIU terbarunya dengan nama Pump It Up - Fiesta. Aku lupa Fiesta ini adalah versi yang ke berapa, yang aku ingat versi sebelumnya adalah PIU - NX Absolute (PIU-NXA) merupakan mesin ke-10 yang dikeluarkan oleh Andamiro. Di mesin terbarunya tersebut, kita dapat memainkan lagu-lagu dari versi sebelumnya seperti di PIU Rebirth, Zero, Exceed, NX, NX2, NXA, dll.



Mungkin kita pernah mendengar game berjudul Dance-Dance Revolution (DDR) yang sempat lebih dulu booming di Indonesia melalui console game Playstation dan sejenisnya. Jika aku perhatikan, DDR lebih cepat booming karena game Playstationnya gampang didapat daripada game PIU. Dance Carpet-nya pun dapat kita beli dengan harga yang cukup terjangkau, sekitar Rp150.000,00. Berbeda dengan PIU yang harga dance carpet-nya saja sekitar Rp 1 juta, dan aku belum pernah menemukan game PIU untuk Playstation-nya di beberapa kota yang telah aku kunjungi.

Sekarang apa perbedaan antara PIU dan DDR?

Dari yang aku perhatikan, memang terdapat perbedaan yang cukup signifikan, baik secara fisik maupun secara permainan. Berikut beberapa perbedaan yang aku pelajari sendiri, CMIIW :
1. Pad/Step. DDR menggunakan 4 step dengan mengarah pada ke-4 arah mata angin. Sedangkan PIU menggunakan 5 step dengan posisi berbeda, ke-4 step ditempatkan di pojok-pojok, dan 1 step lagi di tengah, sehingga membentuk huruf X.

2. Lagu. Lagu-lagu yang ada di PIU dan DDR memang berbeda, itu karena produsen dari kedua mesin ini juga berasal dari negara yang berbeda. PIU yang dari Korea banyak mengusung lagu-lagu Korea, sebaliknya dengan DDR yang berasal dari Jepang lebih banyak mengusung lagu-lagu dari Jepang. Setidaknya lagu-lagu tersebut telah di-arrangement ulang oleh musisi di negaranya.

3. Permainan. Kalo yang ini sih pendapat pribadi ya, setelah merasakan maenin DDR dan PIU, aku lebih enjoy maenin PIU. Yang membuatku tertarik dengan PIU awalnya adalah di PIU ada lagu-lagu klasik yang aku kenal, macamnya lagu Virus (Beethoven), Winter (Antonio Vivaldi), Dr.M, Turkey March, Bee, dll. Karena udah tau lagunya, maennya juga jadi enak. Dan lagi, 5 stepnya PIU membuatku lebih mudah melakukan manuver-manuver yg asik dan lebih smooth. Kl di DDR aku agak susah melakukan moves2 yang asik.

4. Mode. Kl yang ini mungkin ga bisa aku bilang perbedaan krn aku kurang tau tipe mode player untuk DDR. Untuk PIU, ada 2 type player, ato biasanya kita sebut dengan Pumper. Pertama adalah Speeder, yang lebih mengandalkan kecepatan kakinya, dan yang kedua adalah Freestyler, yang lebih mengutamakan keindahan gerakan dalam bermain tanpa melupakan ketepatan menginjak step.

Dan saat aku menulis ini, aku sedang berlatih dan terus berlatih Freestyle yang alhamdulillah sekarang sudah mencapai level 11 dalam waktu 2 minggu. Kerasa banget hasil latihanku, yang dulunya cuma berani di level 5 Freestyle, sekarang sudah menyentuh level 11. Bermainnya pun dapat menggunakan single pad maupun double pad. Untuk Freestyler biasanya menggunakan double pad.

Bagaimana dengan levelnya????
Kita tidak sedang membicarakan DDR sekarang. Di PIU, range levelnya adalah level 1 hingga level "??", yang menurutku level "??" adalah level 24 karena kl diitung-itung itulah level tertingginya dan biasanya ada tulisan "DANGER". Salah satu lagu yang diberi level danger adalah Pumptris 8 bit, karena maennya harus 2 orang, dan alhamdulillah aku dan partner-ku sudah dapat menembus nilai "A" untuk lagu itu.

Oiya untuk penilaian secara huruf, mulai dari yang terendah adalah F, D, C, B, A, dan S. Untuk penilaian tiap step mulai dari yang tertinggi adalah Perfect, Great, Good, Bad, dan Miss (ga diinjak).

Ok lah....untuk sementara itu dulu sharingnya. Ntar aku sharing juga foto-fotoku waktu maen PIU.

Thanks for the Attention!
Bye

21 komentar:

  1. klo mau beli padnya piu dmna ya?

    BalasHapus
  2. Susah banget gan nyarinya... Kalo padnya Dance2 Revolution sie banyak dijual.

    Gw sendiri dapetnya juga dari org yang beli langsung dari luar, ane dapetnya yang second jg. Harga barunya sekitar 1,5jt kl ga salah.

    Kalo agan minat, agan bisa beli punya gw, baru 2x pake koq, masih bagus juga, cuma gw ga dapet feelnya kl pake pad karpet, jadi mau gw jual aja.

    BalasHapus
  3. Mau dijual brp, gan?? :D
    Tanya2 dulu deehhh :p

    BalasHapus
  4. gw jual 800rb deh, free ongkir ke seluruh Indonesia, gw kasih bonus gamenya sama lagu2nya juga. Kl minat bisa kontak ke hp gw aja, di 08195171582

    BalasHapus
  5. gan, klo pake karpet tu..dilantainya di isolasi atau diapakan? biar pas qta injak pad nya ga lari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pake karpet itu ga perlu di isolasi lagi bawahnya, karena bawannya emang ga mudah slip.

      Hapus
    2. ada kontak yg bisa saya hubungi untuk pemesanan mesin dance revolution ini kontak saya 081310066313 saya butuh sekali

      Hapus
  6. kalo Mesinnya beneran berapa harganya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane pernah nyari-nyari juga, harga mesin barunya, semua cabinet baru plus gamenya sekitar 100jutaan, belum termasuk ongkir dan ongkos instalasinya. Itu udah yang bagus sie.

      Hapus
  7. huff telat... huhuhu, lagi nyari juga nih.. ada lagi gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, tapi home production. Bukan karpet, tapi papan gitu. Langsung double pad, koneksi USB. Skin padnya bisa request pula. Lokasi pembuatan di Mojokerto, Jawa Timur. Pertama kali udah di uji coba ma anak2 Poker (PIU Club di Mojokerto).

      Mau? kalo mau ntar ane kasih CPnya.

      Hapus
  8. gw juga pngn beli nih

    BalasHapus
  9. mau deh kak.....
    bagi alamatnya dong...

    BalasHapus
  10. pengen juga. minta kontaknya dunk

    BalasHapus
  11. Yg di face book itu piu dance pads ya bgs tuh di fb kebanyakan beli disna sya aja jga beli disna tpi ngantri hikss harganya 500 ribu blum sma ongkir ada vidio testinya jga di fb

    BalasHapus
  12. itu untuk pc ato bisa di ps3? lagi nyari buat yang bisa di ps3

    BalasHapus
  13. Aq jg mau donk. Kebetulan di jawa timur jg, deket dr mojokerto. Minta alamat n CPnya ya gan. Thanks :)

    BalasHapus
  14. yang udah tahu alamatnya please bagi dong, gue kayaknya kecanduan nih, kalo udah asik gak mau berhenti, uang jajan abis mulu :'(

    BalasHapus