Desember 18, 2010

Tips Berkendara Ala Ars Lybra 3 : Four Wheels Drive

Back Again!!!
Kali ini aku mau ngasih tips berkendara jarak jauh menggunakan kendaraan roda-4. Tips ini kutulis berdasarkan pengalamanku sendiri setelah beberapa kali nyetir sejauh kurang lebih 125 km (Pangkalpinang-Toboali) dalam rangka tugas negara (halah...)
So...ga banyak pendahuluan, langsung aja ke Tipsnya.

1. BARANG BAWAAN
Pastikan semua persiapan Anda telah lengkap, termasuk apa saja yg harus Anda bawa untuk urusan Anda di tempat tujuan, apakah itu berlibur atau kerja, jangan sampai tertinggal. Jangan lupa surat-surat penting juga, seperti KTP, SIM A, dan STNK mobil. Kalo ada orang yang ikut kita, jangan sampai ketinggalan juga. Handphone atau alat komunikasi lainnya, akan sangat berguna saat keadaan darurat. Jumlah dan jenis bawaan anda akan mempengaruhi kecepatan anda dalam mengemudi.


2. MOBIL
Kenali karakteristik mobil anda. Kelebihan dan kekurangan mobil dan status BBM mobil sangat penting untuk diperhatikan. Mengenali kelebihan dan kekurangan mobil dapat membuat kita lebih efisien dalam mengoperasikan mobil. Status BBM sebaiknya dimulai dalam kondisi BBM penuh.

3. LAMPU
Semua jenis lampu harus berfungsi dengan baik, sebagaimana tips terdahulu tentang motor. Jika anda jalan pada malam hari, sesuaikan ketinggian lampu sorot agar sesuai dan nyaman dengan penglihatan kita. Penggunaan lampu jauh yang terlalu tinggi hanya akan menyilaukan pengendara lain, turunkan lampunya sehingga dapat melihat jalan kurang lebih 200 meter ke depan jika harus melewati jalan yang tidak ada penerangan.

4. WIPER
Kondisi wiper atau pembersih kaca harus dalam keadaan baik. Jika wiper anda tidak lagi efektif dalam menyapu air saat hujan, segera ganti karet wiper anda. Wiper akan sangat penting jika hujan turun, karena air hujan dapat sangat mengganggu penglihatan kita.

5. SPION
Sama dengan motor, spion juga sangat penting. Untuk spion tengah, sebaiknya menggunakan spion yang dapat diatur sehingga dapat mengurangi cahaya jika ada kendaraan lain dibelakang kita, supaya mata kita tidak silau karena cahaya lampu yang dipantulkan dari spion kita.

6. MAKAN, MINUM, DAN TOILET
Pastikan perut anda sudah terisi sebelum melakukan perjalanan. Jangan lupakan buang air, supaya perjalanan anda lancar. Untuk makanan, perlu diperhatikan agar tidak terlalu kenyang, makanlah secukupnya. Terlalu kenyang hanya akan membuat anda mengantuk saat perjalanan. Untuk minuman, hindari minuman es, karena akan memperlambat pencernaan dan membuat anda cepat mengantuk saat mengemudi.

7. KENALI TUJUAN
Sama seperti tips terdahulu mengenai rute perjalanan.

8. PENGAMAN
Tidak banyak yang dapat dibahas mengenai pengaman yg harus diperhatikan untuk mobil. Tentunya anda harus memperhatikan ketersediaan sabuk pengaman di mobil anda. Akan lebih baik jika mobil anda dilengkapi dengan air bag.

9. CEMILAN DAN MUSIK
Cemilan dan musik hanya untuk menemani dan menjaga anda terhindar dari rasa kantuk. Jangan mengkonsumsi cemilan yang ribet, permen karet saja sudah cukup koq. Untuk musik, sesuaikan dengan selera anda. Mendengarkan lagu yang anda tidak tahu hanya akan membuat anda mengantuk. Disarankan menggunakan CD MP3, tidak menggunakan kaset, karena dengan CD MP3 akan lebih banyak menampung lagu, jadi kita tidak perlu susah untuk mengganti lagu.

10. RAMBU LALU LINTAS
Perhatikan rambu lalu lintas, benar-benar sangat penting dan akan sangat membantu keselamatan perjalanan anda.

Yah..segitu dulu tipsnya, keburu laper nie...
Dan akhirnya, HAVE A NICE TRIP !!!
Jangan lupa komentarnya yaa...
:)

1 komentar: