Januari 25, 2012

Greenpeace Annual Snapshot 2012

Today I wanna share the annual shot of Greenpeace action.

Kurang lebih sudah 4 tahun Aku bergabung dengan Greenpeace sebagai Supporter. Walaupun hanya sebagai Supporter, namun Aku senang dapat menjadi bagian dari keluarga Greenpeace. Ada jutaan Supporter Greenpeace di dunia, puluhan ribu diantaranya dari Indonesia. Sebagai Supporter, kita mendonasikan sejumlah uang yang saya rasa nilainya tidak seberapa (hanya Rp75.000,-/bulan) dibandingkan dengan dampak yang kita hasilkan dari donasi kita tersebut. Namun para Supporter-lah yang memberikan dukungan finansial untuk seluruh aktivitas Greenpeace, dan secara tidak langsung memberikan kekuatan yang besar kepada para aktivis Greenpeace. Donasi dari para Supporter membuat Greenpeace menjadi organisasi kampanye global yang memiliki pendanaan independen, sehingga Greenpeace mampu bertindak bebas dari tekanan politik maupun kepentingan bisnis dari pihak manapun. 

Inilah salah satu faktor yang membuat orang-orang mendengarkan apa yang kami katakan. Inilah yang membuat kami menjadi mitra terpercaya bagi masyarakat dan organisasi-organisasi lainnya yang bekerja sama dengan kami dan menambah kekuatan kami. Dan inilah alasan kami mampu memperngaruhi para pemegang kepentingan di pemerintahan dan industri.


Jutaan suporter dan aktivis dunia maya bersatu mendukung kampanye Detox dan Barbie. Mendapat dukungan yang besar, hanya beberapa minggu saja, kampanye Detox, Puma, Nike, Adidas, dan H&M berkomitmen melenyapkan bahan kimia beracun dari rantai suplai mereka.

Hal yang sama terjadi dengan pembangunan pusat data pertama Facebook, yang awalnya berniat menggunakan batu bara kini beralih menjadi energi terbarukan di kutub utara dengan memanfaatkan iklim sebagai pendingin.

Kami secara efektif mengamankan komitmen dari raksasa mainan Mattel dan Hasbro untuk berhenti menggunakan kemasan dari perusahaan perusak hutan Indonesia. Di awal tahun, kami memulai kampanye menentang penjahat hutan terkenal, Asian Pulp & Paper (APP), ancaman pun datang bertubi-tubi. Lebih besar dan terorganisasi. Ini merupakan bukti oposisi kami menilai kampanye kami sangat efektif!

Tim Mata Harimau mengaum di Pekanbaru, Riau. Aktivis Greenpeace melakukan tur bermotor untuk menjadi saksi kegiatan Asia Pulp & Paper (APP) di hutan Sumatera. Kegiatan APP telah menghancurkan hutan berharga Indonesia serta semua makhluk yang bergantung kehidupan di dalamnya.

Setelah tiga tahun berkampanye, akhirnya pada bulan Februari 2011, Golden Agri Resources (GAR), perusahaan sawit anak perusahaan Sinar Mas, setuju untuk secara bertahap mengubah pola operasional mereka yang merusak hutan dan lahan gambut. 

Perayaan pun berlanjut ketika akhirnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan moratorium penebangan hutan yang banyak dinantikan setelah berkampanye selama 5 tahun! Greenpeace akan melanjutkan bekerja dengan pemerintah untuk membuat langkah nyata berikutnya.

Pada 18 Januari 2012 lalu kami bangga telah berdiri bahu-membahu dengan beberapa situs terbesar dunia, dan kalian semua, menentang RUU (Rancangan Undang-Undang) SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act) – dua RUU di Amerika Serikat yang dirancang untuk mencegah pembajakan hak cipta di situs, namun akan memberikan kekuasaan lebih besar kepada perusahaan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk membatasi kebebasan berekspresi.

25 situs Greenpeace di seluruh dunia termasuk situs Greenpeace Indonesia menjadi gelap dalam solidaritas dengan para aktivisme dari Google, Wikipedia, Craigslist, Wired, Reddit, Boing Boing, Reporters Without Borders, Pressthink, McSweeney itu, MoveOn, lebih dari 25.000 Wordpress blog, dan situs-situs lainnya. dan di dunia twitter perbincangan tentang SOPA/PIPA memuncak 267.000 tweet/ jam. Google mendapatkan 4,5 juta tanda tangan untuk petisi menentang, hampir 1,5% dari populasi Amerika Serikat.


Dukungan Anda sangatlah penting dan mampu membuat perubahan nyata. Terima kasih, semua kemenangan ini terjadi berkat dukungan Anda. Sekali lagi terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar