Januari 20, 2010

Me, in Greenpeace Act

Malam ini aku bersihin inbox emailku yang memang dah lama dah ga aku buka. Ada sekitar 600-an email di inbox, dan yang bener-bener aku baca cuma sekitar 1%-nya aja, sisanya ada yang langsung aku delete, ada yg spam, ada yang cuma aku simpan untuk kubaca di lain waktu.

Ada satu email yang cukup menarik perhatianku. Email dari Greenpeace Indonesia, dengan subject "Special untuk Anda dari Greenpeace", yang dikirim pada tanggal 23 Desember 2009, udah lama banget, hampir 1 bulan...

Aku buka email tu. Isi ringkasnya adalah ucapan terima kasih dari Greenpeace atas partisipasi para aktivisnya. Selain itu, mereka juga membuat video sebagai ungkapan rasa terima kasihnya.

Klik di sini untuk lihat videonya, menarik lho!!

Aku jadi ingat-ingat lagi... Ya, aku memang salah satu pendukung Greenpeace Indonesia, dan aku juga pengen ikut kegiatannya secara langsung, tapi dihalangi oleh rutinitas keseharianku. Yah...jadi aku cuma bisa supporting lewat donasi yang ga seberapa, dan juga menyerukan suara penyelamatan Bumi jika ada kesempatan.

Aku mengenal Greenpeace saat aku dengar ada acara Greenfest di Senayan, dan itu gratis. Aku yang saat itu masih kuliah, sangat tertarik dengan yang berbau Gratis... (he..he..)
Aku langsung menuju lokasi dan memperhatikan segala yang ada di Greenfest tersebut. Menarik... Dan sangat sejalan dengan pemikiranku... Menyelamatkan Bumi...

Tapi aku tidak langsung bergabung dengan greenpeace, karena masih kuliah, dan aku tidak mampu berbuat banyak soal biaya. Aku baru bergabung 2 tahun setelahnya, saat aku baru lulus kuliah dan mulai bekerja.

Ya, aku mungkin tidak terlibat langsung, tapi kuharap sedikit yang aku sisihkan tiap bulannya dapat membantu mereka. Aku banyak mendengar berbagai aksi mereka, dan rasanya ingin terjun bersama aktivis yang lainnya, tidak hanya diam menonton mereka.

Hal yang paling aku ingat adalah salah satu kapal Greenpeace yang paling terkenal di seluruh dunia, Rainbow Warrior II, diiringi oleh puluhan kapal nelayan saat berada di Pelabuhan Benoa, Bali, yang mana di Bali pada saat itu sedang berlangsung pertemuan para pemimpin dunia untuk membicarakan perubahan iklim dunia, dalam rangka tindak lanjut atas Protokol Kyoto.

Kenapa nama Rainbow Warrior begitu terkenal?? Padahal kapal Greenpeace tidak hanya Rainbow Warrior, masih ada Esperanza, Argus, dan Arctic Sunrise.

Seperti yang aku sebutkan, yang datang ke Bali adalah Rainbow Warrior II, it meanz ada Rainbow Warrior I. Ya, Rainbow Warrior I inilah yang sangat terkenal, karena kapal tersebut ditenggelamkan oleh agen rahasia Perancis sekitar tahun 1995 kalo ga salah. Pada saat itu Rainbow Warrior sedang melakukan kampanye penolakan uji coba senjata nuklir oleh pemerintah Perancis. Dan pada saat itu pula Rainbow Warrior digempur oleh pemerintah Perancis. Aksi ini mendapat kecaman dari seluruh dunia.

Tidak beberapa lama kemudian, segera dilakukan pembangunan ulang Rainbow Warrior. Aksi ini semakin membuktikan bahwa "Kau Tidak Akan Bisa Menenggelamkan Sebuah Pelangi".

Well...hingga sekarang aku masih merasa bangga menjadi bagian dari Greenpeace, sangat bangga. Karena Greenpeace hadir karena Bumi perlu suara!!

Jika Anda peduli dengan apa yang anda pijak, Come Join Us!!

Greenpeace SEA-Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar